RSS

SAMBILOTO SI PAHIT MENYEHATKAN






Nama ilmiah nya Andrographis paniculata, di daerah Sumatera sering disebut papaitan sedangkan di daerah Jawa sering disebut takilo (Dwi Giyarti,2000). Tanaman sambiloto biasanya memiliki tinggi sekitar 40-90 cm, rasanya pahit. Sambiloto banyak tumbuh di tempat terbuka seperti tepi jalan, ladang  atau tanah kosong yang terbengkalai juga tumbuh di pekarangan, untuk menanam sambiloto bisa dengan cara mengambil bijinya lalu disemaikan(Fauziah Muhlizah, TOGA dan Adi Permadi,2008).
Tanaman sambiloto mengandung  laktone dan flavonoid. Daunnya terutama mengandung saponin, flavonoid, dan tannin. Sementara itu, akarnya mengandung flavonoid. Tanaman ini bersifat antibiotic, antipiretik, antiradang, antibengkak, antidiare, dan hepatoprotektif. Herbal ini efektif untuk mengobati infeksi dan merangsang phagocytosis (immunostimulant). Mempunyai efek hipoglikemik, hipotermia, diuretik, antibakteri, dan analgetik. Sudah banyak dibuat dalam bentuk tablet dan obat suntik (Adi Permadi,2008).
Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan sebagai obat. Sambiloto bisa digunakan dalam keadaan segar atau kering sesuai dosis yang disarankan. Salah satu khasiat sambiloto untuk menyembuhkan TBC paru caranya dengan mengeringkan daun sambiloto lalu digiling halus hingga menjadi bubuk. Kemudian daun yang telah menjadi bubuk ditambahkan sedikit madu dan dibentuk bulatan-bulatan pil yang berdiameter sekitar 0,5 cm. Pil daun sambiloto ini bisa diminum dengan air matang 2-3 kali sehari. Sekali minum bisa sebanyak 15-30 pil (Fauziah Muhlizah,TOGA). Ini akan membantu penyembuhan penyakit TBC paru tanpa menggunakan bahan kimia yang memiliki banyak efek samping.















Selain murah dan ,udah ditemukan, tanaman sambiloto ini juga memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan batuk rejan atau pertussis, demam, hidung berlendir dan masih banyak lagi (Fauziah Muhlizah,TOGA). Sudah terbukti di berbagai penelitian bila tanaman sambiloto ini teruji ampuh untuk menjadi obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya TBC paru.






Daftar Pustaka
Ø Giyarti, Dwi. 2000. EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) SAMBILOTO (Andrographis paniculata (Burm.f.) Nees) DAN SIRIH (Piper betle L.) TERHADAP INFEKSI BAKTERI Aeromonas hydrophila PADA IKAN PATIN (Pangasius hypophtalamus). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor
Ø Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Niaga Swadaya.
Ø Permadi, Adi. 2008. Membuat Kebun Tanaman Obat. Jakarta :Pustaka Bunda (Grup Puspa Swara), Anggota Ikapi


Talitha Rahma Jodi .2202011214104. A12.1

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar