RSS

Bawang Putih untuk Flu dan Batuk

                                                             Gambar 1. Penderita flu dan batuk 


Pembaca, apakah Anda mengalami flu dan batuk? Anda bingung cara mengobatinya? Anda selalu menggunakan obat-obatan kimia? Taukah Anda jika bawang putih dapat digunakan sebagai obat flu dan batuk?
 
Gambar 2. Bawang putih 
Bawang putih dapat digunakan sebagai obat flu dan batuk karena memiliki kandungan sulfur yang beraroma khas, sehingga dapat mempercepat kerja dari lapisan paling luar pada saluran pernapasan yang nantinya membantu melegakan tenggorokan serta mengeluarkan lendir (Maryani, 2004). Bawang putih juga mengandung zat yang bernama Phytochemical yang berfungsi untuk membantu dalam membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit flu (Hernawan, 2003). Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Brigham Young di Utah (1992) mengemukakan bahwa bawang putih yang ditumbuk bila di konsumsi dapat membunuh virus penyebab penyakit flu dan membunuh virus penyabab penyakit herpes (cacar) serta beberapa virus lainnya (Maryani, 2004).    
Penggunaan bawang putih untuk flu dan batuk hanya satu siung sehari (sekitar 4 gram atau setara dengan sekitar 4000 mg bawang putih segar). Untuk dosis ekstra yang dianjurkan 600-1200 mg /hari  atau 2 sampai 5 mg /hari (David, 2000).
 Cara mengobati flu dan batuk (Maryani, 2004):  
- Hancurkan satu siung bawang putih. 
- Masukkan ke dalam panci yang berisi susu putih dingin 600 mL. 
- Panaskan sekitar 1-2 menit   
- Minum selagi hangat  

Waspada! Penggunaan bawang putih untuk flu dan batuk dengan jumlah yang sangat besar dapat menyebabkan masalah pencernaan di mana asam lambung terdorong naik ke tenggorokan selain itu dapat meningkatkan pengenceran dalam darah (David, 2000).

Menggunakan bawang putih sebagai obat flu dan batuk tetap harus diikuti dengan pola hidup sehat. Jadi, jangan biasakan tubuh Anda mengkonsumsi obat-obatan kimia karena masih banyak tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengobati penyakit Anda. Semoga bermanfaat.


 
Referensi:

Hernawan, Udhi Eko. Ahmad Dwi Setyawan. 2003. REVIEW: Senyawa Organosulfur Bawang Putih (Allium sativum L.) dan Aktivitas Biologinya. Biofarmasi (2): 65-76. 
Maryani, Herti, Lusi Kristiana. 2004. Sehat dengan Ramuan Tradisional: Tanaman Obat untuk Influenza. Yogyakarta: Argomedia Pustaka. Hlm 15.  
W. David, dkk. 2000. Encyclopedia of Mind Foods, Drugs and Nutritional Substances. USA: McFarland & Company Inc. Hlm 8.
 

Dipostkan oleh:

Karlinda Nuriya Afifah

22020112130032

A12.1

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar