RSS

Lidah Buaya “Tanaman Berduri” Berkhasiat Tinggi Pereda Tonsilofaringitis



Lidah Buaya “Tanaman Berduri” Berkhasiat Tinggi Pereda Tonsilofaringitis



Siapa sih yang gak tau apa itu tanaman lidah buaya?
Tanaman lidah buaya merupakan tanaman dengan daun triangular, tebal dan bergetah tidak mempunyai tangkai daun dan panjangnya mencapai 40 – 60 cm dengan lebar pelepah bagian bawah 8 – 13 cm dan tebal antara 2 – 3 cm. Daunnya berdaging, kaku, lancip dengan warna daun hijau muda keabuabuan dan memiliki bercak putih. Pada bagian pinggir daun bergerigi, berduri kecil dan kaku berwarna hijau muda (Setiabudi, 2009).
Ada khasiat terselubung dari Lidah buaya nih yaitu sebagai salah satu obat herbal untuk penyakit pernapasan tanpa efek samping. Apa itu? Cek yuuuk J
Ada berbagai jenis penyakit pernafasan (ISPA) yang bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi lidah buaya, salah satunya adalah tonsilofaringitis. Penyebab tonsilofaringitis sendiri adalah bakteri Streptococcus β hemolyticus in vitro. Berikut ini adalah ciri-ciri penyakit tonsilofaringitis: Sakit menelan, Tonsil membesar dan hipertensi dengan atau tanpa eksudat, batuk, dengan atau tanpa demam. (Handayu, 2010) 
Selain tonsilofaringitis, berikut ini beberapa penyakit pernapasan (ISPA) yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus β hemolyticus in vitro:
a.       Batuk ringan maupun berdahak
b.      Radang tenggorokan
c.    Respiratory Distress Syndrome
Berdasarkan penelitian Handayu Ganitafuri pada tahun 2010, Lidah buaya memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit pernapasan (ISPA). Berikut ini beberapa kandungan lidah buaya sebagai obat penyakit pernapasan (ISPA):
1.      Saponin
2.      Antrakuinon, kuinon, lupeol, asam salisilat, asam sinamat, fenol
3.    Minyak atsiri
Beberapa zat tersebut dapat merusak membran plasma bakteri salah satunya adalah bakteri Streptococcus β hemolyticus in vitro sehingga dapat menghambat bahkan menghentikan perkembangan bakteri tersebut. Jika terdapat anggota keluarga yang menderita batuk ataupun penyakit pernapasan lainnya tidak perlu panik dan khawatir karena dengan rutin mengonsumsi lidah buaya dapat mengobati beberapa penyakit pernapasan yang telah disebutkan diatas. Nah, bingung bagaimana cara mengonsumsi lidah buaya untuk pengobatan beberapa penyakit pernapasan? Dibawah ini akan diuraikan bagaimana cara mengonsumsi lidah buaya.

Penggunaan lidah buaya untuk obat penyakit pernapasan (ISPA):
(Redaksi Agromedia, 2008)

1.      Bahan-bahan yang dibutuhkan:
a.                 20 gram daun lidah buaya
      
b.                 2 sendok makan madu

2.      Cara membuat:
a.                 Cuci daun lidah buaya lalu kupas kulitnya

b.                 Potong kecil-kecil daging lidah buaya berbentuk dadu

c.                 Campur potongan lidah buaya dengan dua sendok makan madu

3.      Cara pemakaian
Minum dua kali sehari selama sepuluh hari berturut-turut

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Daftar Pustaka:

Ganitafuri, Handayu. 2010. Daya Hambat Ekstrak Daun Lidah Buaya (Aloe Vera L.) terhadap Pertumbuhan Isolat Klinis Bakteri Streptococcus β hemolyticus in vitro diakses pada tanggal  29 Oktober 2013 pukul 09.23 pada http://eprints.uns.ac.id/9522/

Redaksi Agromedia. 2008. 273 Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Jakarta Selatan: PT. Agromedia Pustaka.

Syarif, Suryotomo, Soeprapto. Diskripsi dan Manfaat Tanaman Obat Di Pedesaan sebagai Upaya Pemberdayaan Apotik Hidup (Studi Kasus Di Kecamatan Wonokerto). Fak. Pertanian Universitas Pekalongan : Pekalongan.


Diposkan oleh: Fitria Mega Wardani (22020112130070)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar